Pages

Saturday 27 November 2010

Derau (Noise)

Derau adalah gambar atau piksel yang menggangu kualitas citra. Derau perlu dihilangkan karena menghalangi pengambilan informasi pada citra tersebut. Seringkali citra yang dihasilkan atau didapatkan memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini dapatdisebabkan oleh gangguan teknis, peralatan yang digunakan atau juga dikarenakan kurang baiknya suatu pencahayaan. Solusi masalah tersebut adalah melakukan pemrosesan citra agar dapat mendapatkan citra yang inginkan.
Beberapa gangguan mungkin saja terjadi saat pengambilan gambar, seperti kamera tidak fokus atau munculnya bintik-bintik yang bisa terjadi karena proses pengambilan gambar yang tidak sempurna. Setiap gangguan pada citra dinamakan derau, yang tidak hanya terjadi karena ketidak-sempurnaan dalam proses pengambilan gambar, tetapi dapat disebabkan juga oleh noda kotoran yang terjadi pada citra setelah pengambilan citra. Berdasarkan bentuk dan karakteristiknya, derau pada citra dibedakan menjadi beberapa macam yaitu:
1. Derau salt and papper
Derau ini disebut juga dengan derau impulse (impulse noise), shout noise atau derau biner (binary noise). Degradasi derau ini disebabkan oleh gangguan yang tajam atau tiba-tiba (sharp and sudden) pada sinyal citra. Kenampakan pada citra berupa titik-titik (piksel) hitam atau putih yang tersebar pada citra.
2. Derau Gaussian
Derau Gaussian merupakan bentuk ideal dari derau putih, Derau Gaussian dikatakan derau putih karena mempunyai distribusi normal.
3. Derau Speckle
Derau Speckle dapat disebut juga dengan derau multiplikatif (multiplicative noise). Derau speckle sering dijumpai pada aplikasi radar.
4. Derau Periodik
Derau Periodik sifatnya periodik (bukan acak) menghasilkan derau periodik. Citra yang terkorupsi oleh derau periodik secara visual tampak terdapat garis-garis pada citra.

No comments:

Post a Comment